Latihan Soal Percepatan

1.      Sebuah mobil bergerak sepanjang jalan lurus sehingga dalam 4 s kecepatannya berubah dari 20 km/jam menjadi 64 km/jam. Tentukan percepatan mobil!
Pembahasan :
2.      Sebuah mobil yang bergerak lurus ke timur dengan kelajuan 60 km/jam dihentikan oleh pengereman yang berlangsung selama 4 sekon. Tentukan percepatan mobil!
3.      Mobil yang pada mulanya diam 3 sekon kemudian bergerak ke timur dengan kecepatan sebesar 12 m/s. Tentukan besar percepatan rata-rata!
4.       Kecepatan sebuah partikel yang bergerak sepanjang sumbu x berubah terhadap waktu sesuai dengan persamaan v = (15-8t) m/s . Tentukan percepatan rata – rata dalam selang antara 2 s dan 5 s!
5.      Kecepatan dari suatu roket yang sedang bergerak sepanjang suatu jalur dinyatakan sebagai v(t) = 5 – 16t + 12t2 dengan t dalam s dan v dalam m/s. Tentukan percepatan rata – rata roket antara 2s dan 5s!
6.      Kecepatan dari suatu roket yang sedang bergerak sepanjang suatu jalur dinyatakan sebagai v(t) = 5 – 16t + 12t2 dengan t dalam s dan v dalam m/s. Tentukan percepatan sesaat pada saat t = 6s!
7.      Sebuah mobil sedang bergerak sepanjang jalan tol lurus kearah utara dengan kecepatan 20 m/s. kemudian pengemudi memperlambat kelanjuan dengan menginjak pedal rem. Setelah mengerem selama 5 sekon kecepatan mobil menjadi 5 m/s. Hitung besar dan arah percepatan mobil!
8.      Kecepatan dari suatu roket yang sedang bergerak sepanjang suatu jlur dinyatakan sebagai v(t) = 12 – 6t + 3t2 dengan t dalam s dan v dalam m/s. Tentukan percepatan sesaat pada saat t = 3s!
9.        Sebuah mobil bergerak kearah timur dengan kecepatan 40 km/jam selama 5 sekon. Dan kemudian berbelok ke utara dengan kecepatan 9 km/jam selama 2 sekon. Tentukan percepatan rata – rata mobil dalam keseluruhan perjalanannya (sebagai acuan arah vector ambil arah utara sebagai sudut 00)!


10.  Sebuah mobil bergerak ke selatan sepanjang jalan lurus sehingga dalam 4 s kecepatannya berubah dari 20 km/jam menjadi 140 km/jam. Tentukan besar dan arah percepatan mobil!

11.  Suatu benda bergerak dengan laju 90 m/s diberi percepatan konstan selama 10 sekon sampai mencapai laju akhir 150 m/s. Percepatan yan dialami benda tersebut adalah...
12.  Sebuah mobil bergerak dari keeadaan diam mencapai kecepeatan 60 m/s dalam 3 sekon. tentukan besar percepatan itu.

13.  Sebuah partikel bergerak dengn fungsi kecepatan v(t) = 2t2 – 3t + 10 jika v dinyatakan dalam m/s dan t dinyatakan dalam sekon. Tentukan percepatan awal partikel.


14.  Sebuah truk mula-mula bergerak dengan kecepatan 20 m/s dengan waktu 5 sekon kemudian bergerak dalam waktu 10 sekon dengan percepatan 12 m/s2. Tentukan kecepatan akhirnya.

15.  Suatu benda mula-mula diam lalu bergerak dengan percepatan 8 m/s2 dalam waktu 3 sekon. Tentukan kecepatan akhir benda itu!


16.  Sebuah truk bergerak ke arah timur sepanjang jalan lurus sehingga dalam 2,0 s kecepatannya berubah dari 36 km/jam menjadi 72 km/jam. Tentukan besar dan arah percepatan mobil.

17.  Sebuah bus bergerak dalam waktu 2 sekon menjadi 4 sekon dengan kecepatan akhirnya 60 m/s dan percepatannya adalah 20 m/s2. Tentukan kecepatan awalnya.


18.  Kecepatan sebuah partikel yang bergerak sepanjang sumbu x mempunyai persamaan v = (30 – 16t )m/s. Tentukan percepatan rata-rata dalam selang waktu antara 2 s dan 6 s.

19.  Sebuah mobil bergerak dengan laju 15 m/s diberi percepatan konstan selama 2 sekon sampai mencapai laju akhir 30 m/s. Percepatan yang dialami benda tersebut adalah ......



20.  Sebuah motor bergerak dengan kecepatan awal 12m/s dalam waktu 3 sekon menjadi kecepatannya 20 m/s. Percepatan yang dialami motor ini adalah 2 m/s2. Tentukan waktu akhir motor ini bergerak.

Komentar