hukum newton materi dan contoh soal serta pembahasan

Hukum-hukum Newton

Sekilas tentang Newton

Sir Isaac Newton merupakan fisikawan dan juga ahli matematika, filsafat, kimia dan astronomi yang lahir di Inggris. Ia telah menghasilkan banyak buku yang telah mengubah pandangan orang terhadap hukum fisika, salah satu karyanya adalah “Philosophiæ Naturalis Principia Mathematica”.
Di buku tersebut Isaac Newton menyadari bahwa matematika adalah cara untuk menjelaskan hukum alam seperti gravitasi, dan membuat beberapa rumus untuk menghitung  pergerakan benda dan gravitasi bumi. Gravitasi adalah gaya yang membuat suatu benda selalu bergerak jatuh ke bawah. Dengan tiga prinsip dasar dari hukum pergerakan, Newton dapat menjelaskan dan membuktikan bahwa planet beredar mengelilingi matahari dalam orbit yang berbentuk oval dan tidak bulat. Kemudian Newton menggunakan tiga prinsip dasar pergerakan yang sekarang di kenal sebagai Hukum Newton untuk menjelaskan bagaimana benda bergerak. Apa sajakah hukum-hukum tersebut ? dan bagaimana cara kerjanya ? semua itu akan dibahas di post ini.
A.   Hukum I Newton



            Bunyi :
Jika resultan gaya pada suatu benda sama dengan 0 , maka :
a.       Benda yang mula-mula diam akan tetap diam
b.      Benda yang mula-mula bergerak akan terus bergerak dengan kecepatan tetap



Contoh penerapan dalam kehidupan sehari-hari :
1.      Sebuah benda diletakkan tepat diatas kertas , lalu kertas tersebut ditarik sekeras-kerasnya, kemudian benda tersebut tidak akan bergerak melainkan tetap diam.
2.      Seorang pengendara mobil sedang mengendarai mobilnya. Tiba-tiba seorang pejalan kaki menyebrang. Seketika itu pengendara itu langsung mengerem mobil secara mendadak. Saat mengerem, pengendara itu tetap diam tetapi seolah olah maju kedepan.
Contoh soal :

Sebuah batu di tarik dengan 3 gaya seperti gambar di atas, berapakah resultan gaya nya ? Apakah benda diam atau bergerak ? Jika bergerak ke manakah arahnya ?

  Gaya ke arah kiri : negatif
  Gaya ke arah kanan : positif
 
Jawab
Σ F       = (f2+f3) – f1
            = (26+14) – 40 N
            =  0 N
Karena Σ F = 0 maka batu tidak akan bergerak
 (karena sesuai dengan hukum kelembaman)


B.   Hukum II Newton
Bunyi Hukum II Newton :
            “Percepatan yang dihasilkan oleh resultan gaya yang bekerja pada suatu benda berbanding lurus dengan resultan gaya, searah dengan resultan gaya, dan berbanding terbalik dengan massabenda.
Jika massa benda adalah 3 kg dan besar F1 = 30 N dan F2=  5  Newton
Tentunkan percepatan yang dialami benda
Diketahui  F1 = 30 N
                  F2=  5 N
                  m = 3 kg
Ditanya ?
Jawab
F1cos 60o = F1x ( F diubah kedalam sumbu x dan y sesuaikan dengan arah benda jika ke vertikal maka menggunakan sin sudut jika horizontal menggunakan cos untuk menentukan horizontal dan vertical perhatikan sudutnya)

      30 x 1/2   = F1x
      F1x           = 15 N
      Ftotal       = F1x – F2
                      = 15 – 5
                      = 10 N
      F              = m x a
      15            = 3 x a
      a              = 15 / 3
      a              = 5 m/s2


 C. Hukum newton III
Hukum newton III berbunyi : jika suatu benda mengerjakan suatu gaya pada benda lain, maka benda lain itu akan mengerjakan gaya yang sama pada benda pertama tapi arah nya berbeda.
Singkatnya hukum ini bisa diartikan : untuk setiap aksi, ada suatu reaksi yang sama tapi berlawanan arah (aksi = – reaksi), oleh karena itu hukum III newton juga disebut hukum aksi reaksi.
Hukum III Newton terjadisaat:
-          Memukul tembok , tangan bisa sakit
-          Berdiri di atas lantai

Pasangan aksi reaksi

-          Saat menembak
      Aksi     =  peluru terdorong oleh senapan kedepan
      Reaksi = senapan terdorong oleh peluru kebelakang

-          Saat berenang
      Aksi     = tangan mendorong air kebelakang
      Rekasi = air medorong kita kearah depan

Pasangan tersebut bisa saja di balik aksi dan reaksinya
Contoh soal :
1.     
Sebuah mobil bertabrakan dengan sebuah truk bermuatan penuh. Kendaraan manakah yang memperoleh gaya kontak lebih besar? Kendaraan manakah yang memperoleh percepatan lebih besar?
2.
                  Tentukan gaya yang dikerjakan batu bata pada tembok jika F = 40 N!
            Jawab :
1.      Sesaat setelah tabrakan , mobil mengerjakan gaya pada truk. Truk memberikan reaksi dengan mengerjakan gaya pada mobil . Menurut hukum III Newton , besar aksi = reaksi tetapi arah aksi berlawanan dengan reaksi. Jelaslah bahwa gaya kontak yang diperoleh mobil dan truk adalah sama besarnya. Karena mobil memiliki massa lebih kecil daripada massa truk , maka menurut hukum II Newton , mobil akan mengalami percepatan lebih besar.
2.      Fbt adalah gaya yang  dikerjakan tembok pada batu. Timbul reaksi yaitu Ftb = gaya yang dikerjakan batu pada tembok. Karena Fbt dan Ftb adalah pasangan aksi reaksi , maka Fbt = Ftb
Fbt dapat kita hitung dengan memperhatikan gaya gaya yang hanya bekerja pada batu bata. Batu bata diam sehingga berlaku hukum I Newton.
      ∑F = 0
      40 – Fbt = 0
      Fbt = 40 N


Komentar