A. Besaran
1. Besaran
Pokok
Besaran pokok adalah besaran yang
satuannya telah ditetapkan terlebih dahulu dan tidak diturunkan dari besaran
lain.
Besaran pokok
ada 7 yaitu:
Besaran
Pokok
|
MKS
|
CGS
|
Massa
|
Kilogram---
(kg)
|
Gram---------(g)
|
Panjang
|
Meter--------(m)
|
Centimeter---(cm)
|
Waktu
|
Sekon--------(s)
|
Sekon--------(s)
|
Kuat Arus
|
Ampere-----(A)
|
Statampere---(statA)
|
Suhu
|
Kelvin-------(K)
|
Kelvin--------(K)
|
Intensitas Cahaya
|
Candela-----(Cd)
|
Candela-------(Cd)
|
Jumlah Zat
|
mol----(mol)
|
Mol
|
2. Besaran
Turunan
Besaran yang
diturunkan dari satu atau lebih besaran pokok, Besaran turunan jumlahnya tidak
terbatas dan terus bertambah, Contoh besaran turunan
Contoh
Soal
Dari
besaran berikut ini tentukanlah apakah termasuk besaran pokok atau besaran turunan:
a.
Berat jenis
b.
Panjang
c.
Luas
d.
Daya
Jawab
a.
Turunan, karena diturunkan dari
besaran pokok Massa, Panjang, Waktu.
b.
Pokok, karena besaranya tidak
diturunkan dari besaran lain.
c.
Turunan, karena besaran ini
diturunkan dari besaran pokok panjang
d.
Turunan, karena besaran ini
diturunkan dari besaran pokok Massa, Panjang, dan waktu
B. Satuan
Satuan adalah suatu
pembanding atau ukuran yang digunakan untuk menyatakan suatu besaran. Satuan
terbagi menjadi 2 yaitu Satuan Baku
dan Satuan Tidak Baku.
1. Satuan
Baku
Satuan Baku adalah
satuan yang pemakaianya diakui secara internasional. contoh:
Besaran
Pokok
|
MKS
|
CGS
|
Massa
|
Kilogram--- (kg)
|
Gram---------(g)
|
Panjang
|
Meter--------(m)
|
Centimeter---(cm)
|
Waktu
|
Sekon--------(s)
|
Sekon--------(s)
|
Kuat Arus
|
Ampere-----(A)
|
Statampere---(statA)
|
Suhu
|
Kelvin-------(K)
|
Kelvin--------(K)
|
Intensitas Cahaya
|
Candela-----(Cd)
|
Candela-------(Cd)
|
Jumlah Zat
|
mol----(mol)
|
Mol
|
2. Satuan
Tidak Baku
Satuan Tak Baku adalah satuan yang tidak diakui secara
Internasional. Contoh: Jengkal, Hasta, Feet,
dll
Contoh
Soal
Ubahlah
setiap besaran di ruas kiri menjadi nilai ekivalennya dalam satuan di ruas
kanan.
a) 40
mm = ... m
b) 0,9 hm2 = ... m2
c) 72
km/jam = ... m/s
Jawab
a) 40
mm = 40 mm x 10-3 m
1 mm
= 40 x 10-3 m
= 0,040 m
b) 0,9
hm2 = 0,9 x 1 hm x 1 hm x 102m
x 102 m
1
hm 1 hm
= 0,9 x 104 m2
= 9000 m2
c) 72
km/jam = 72 x 1000 m
3600 s
C. Dimensi
Dimensi menunjukan
bagaimana cara suatu besaran tersusun dari besaran-besaran pokok.
Manfaat dimensi:
1.
1.
Untuk Membuktikan kesetaraan kedua besaran fisis. (Dimensi sama=Setara)
2.
2.
Untuk menentukan persamaan salah atau benar.
3.
3.
Untuk Menurunkan Persamaan suatu besaran fisis. (Jika kesebandingan besaran
fisis diketahui)
Dimensi dari Besaran Pokok:
4.
Panjang [L]
5.
Massa [M]
6.
Waktu [T]
7.
Suhu [ θ ]
8.
Kuat Arus Listrik [I]
9.
Intensitas Cahaya[J]
10. Jumlah Zat [N]
Contoh Soal
1. Jarak
lintasan dinyatakan dengan x = A+Bt+Ct2
Pada persamaan ini x=jarak dan t=waktu. Tentukan
dimensi dan satuan dari A,B,dan C!
2. Tentukan
Dimensi dari Rumus-rumus dan tentukan rumus apakah itu berikut
·
Massa.Percepatan/Volume
·
kecepatan x massa
·
Massa/Volume
3. Buktikan
bahwa kedua besaran dibawah ini setara!
a. Impuls
dan momentum
b. Usaha dan
energi potensial
Jawab
1. x = A+Bt+Ct2|
[L] = A+B[T]+C[T]2
[L] = A+B[T]+C[T]2
[A] = [L]
[B][T] = [L]
[B] = [L][T]-1
[B] = [L][T]-1
[C][T]2 = [L]
[C] = [L][T]-2
[C] = [L][T]-2
Jadi, dimensi dari A,B, dan C adalah
A = [L] satuannya
adalah m
B = [L][T]-1 satuannya adalah m/s
C = [L][T]-2 satuannya adalah m/s2
B = [L][T]-1 satuannya adalah m/s
C = [L][T]-2 satuannya adalah m/s2
2. a.
Massa → [M]
Percepatan→ Kecepatan/Waktu→[L][T]-2
Volume→Panjang.Lebar.Tinggi→[L]3
Jadi:
[M][L][T]-2/ [L]3→[M][L].[L]-3[T]-2→[M][L]-2[T]-2àBerat
Jenis
b. Kecepatan→perpindahan/waktu→[L][T]-1
Massa→[M]
Jadi:
[M][L][T]-1àMomentum
c.
Massa→[M]
Volume→Panjang.Lebar.Tinggi→[L]3
Jadi
:[M]/[L]3→[M][L]-3 à Massa Jenis
3. a. Impuls
dan momentum
Impuls = momentum
F x t = m x v
(m.a) x t = m x (s/t)
m.(v/t)x t = m
s / t
m (s/t)/t x t
= m s / t
m s / t = m s / t
[M][L][T]-1 = [M][L][T]-1
Terbukti bahwa momentum dan impuls setara karena keduanya memiliki dimensi yang sama.
b. Usaha dan energi potensial
Usaha = Energi potensial
F x s = m. g. h
m. a. s = m. (v/t). h
m. (v/t) s = m. (s/t2 ) .h
m. (s/t2 ) .s = m. s. h / t2
m. s. s / t2 = m. s. h / t2
[M][L]2[T]-2 = [M][L]2[T]-2
Terbukti bahwa usaha dan energi potensial setara
karena keduanya memiliki dimensi yang sama.
Sumber
Marthen,
Kanginan. 2002.Fisika untuk SMA Kelas X.
Jakarta : Erlangga
https://kurniarita.wordpress.com/ipa1/besaran-dan-satuan-2/materi-besaran-dan-satuan/
(dikutip pada tanggal 27 April 2016)
https://yoskin.wordpress.com/jumpa-fisika-x/fisika-x-semester-i/besaran-satuan-dimensi-dan-angka-penting/
(dikutip pada tanggal 27 April 2016)
http://bahanbelajarsekolah.blogspot.co.id/2015/05/kumpulan-soal-jawaban-besaran-satuan.html?en
(dikutip pada tanggal 27 April 2016)
Komentar
Posting Komentar