Soal Latihan Pemantulan Cahaya pada Cermin

1.      Sebuah cermin cekung dengan fokus 30 cm digunakan untuk melihat benda pada jarak 20 cm dari depan cermin, berapakah jarak bayangan dari cermin dan jelaskan sifat bayangan yang terbentuk.
2.      Cermin cekung memiliki jari – jari kelengkungan 40 cm, jika jarak bayangan 30 cm, berapakah jarak benda sebenarnya?
3.      Benda setinggi 3 cm diletakkan pada jarak 10 cm di depan cermin cekung yang berjari-jari kelengkungan 10 cm. Sifat bayangan benda adalah
4.      Benda setinggi h diletakkan pada jarak 4,125 cm di depan cermin cekung yang berjari-jari kelengkungan 14,5 cm. Sifat bayangan benda adalah
5.      Lima puluh centimeter di depan cermin cembung ditempatkan sebuah benda. Titik pusat kelengkungan cermin 50 cm. Tentukan jarak bayangan ke cermin dan perbesaran bayangan itu!
6.      Sebuah cermin cembung memiliki jari-jari kelengkungan 16 cm. Jika jarak bayangan ke cermin 6 cm dan tingginya 4 cm, maka tentukan jarak benda ke cermin, perbesaran bayangan, dan tinggi benda!
7.      Cermin cembung dengan jarak titik api 10 cm, sebuah benda ditempatkan 20 cm di depan cermin, maka perbesatannya ….. kali
8.      Cermin cekung mempunyai panjang fokus 5 cm. Gambarkan pembentukan bayangan lalu tentukan jarak bayangan dan perbesaran bayangan jika jarak benda dari cermin cekung adalah 10 cm.
9.      Sebuah benda  berada di depan cermin cekung di antara titik F dan 2F letak bayangan benda …..

10.  Sebuah benda berada 6,5 meter di depan sebuah cermin datar. Jika benda digeser ke kanan sejauh 2,5 meter, tentukan jarak benda dan jarak bayangannya setelah pergeseran!

Komentar